Senin, 15 Agustus 2011

Makanan Sehat Mirip Organ Tubuh

1. Wortel = Mata



Iris wortel secara melintang. Akan terlihat bahwa wortel ini menyerupai mata. Anda akan menyadari ada pola melingkar yang mirip pupil dan iris. Cerita Ibu-ibu pada jaman dulu adalah benar, bahwa mengunyah wortel akan membantu kesehatan mata.

“Wortel dipenuhi dengan vitamin dan antioksidan, seperti beta-karotene yang menurunkan degenerasi mata. Degenerasi ini merupakan penyebab utama hilangnya penglihatan pada orang tua,” kata Sasson Moulavi, MD, seorang direktur medis dari Smart for Life Weight Management Centers di Boca Raton, Florida.


Kenari dan Otak
2. Biji Kenari (Walnut) = Otak



Lipatan dan kerutan dari biji kenari mengingatkan pada organ otak. Bentuk dari kenari bahkan seperti belahan otak yakni seperti memiliki belahan kiri dan kanan. Jadi, tidak mengherankan kenari dijuluki “makanan otak,” ujar Lisa Avellino, ahli makanan untuk Focus28 Diet.

Buah ini memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi sekali, yang mampu menunjang fungsi otak.

3. Seledri = Tulang



Batang seledri yang panjang dan kurus mirip sekali dengan tulang. Uniknya, seledri sangat baik untuk tulang juga.

“Seledri merupakan sumber silikon, yang merupakan bagian struktur molekuler yang memberikan kekuatan pada tulang,” kata Dr. Moulavi.

“Kebetulan menarik lainnya adalah tulang terdiri dari 23% sodium, dan begitu juga seledri,” tambah Avellino.
4. Tomat = Jantung



Iris melintang buah tomat dan kamu akan melihat bahwa tomat memiliki banyak bilik yang menyerupai struktur dari sebuah jantung.

“Studi menemukan bahwa kandungan likopen (lycopene) pada tomat dapat menurunkan risiko penyakit jantung pada orang-orang yang memakannya. Jika dicampur dengan sedikit minyak zaitun atau alpukat, akan meningkatkan penyerapan likopen pada tubuh sampai hampir 10 kali,” kata Somer.


Anggur merah dan Darah

5. Anggur Merah = Darah



Anggur merah, yang kaya antioksidan dan polifenol (polyphenols), termasuk resveratrol yang kuat, sangat mirip dengan darah.

“Ketika meminumnya, anggur merah dapat melindungi tubuh dari hal-hal merusak seperti kolesterol LDL, yang menyebabkan penyakit jantung. Ada juga komponen pada anggur merah yang mengencerkan darah, sehingga dapat mengurangi penyumbatan darah, yang mengakibatkan stroke dan penyakit jantung,” kata Somer.

Jahe dan Lambung
6.Jahe = Lambung


Semua orang yang pernah meminum segelas minuman jahe ketika mengalami sakit perut, tahu mengenai efek anti mual dari jahe. Penampilan jahe juga mirip organ pencernaan.

“Gingerol, bahan yang menyebabkan bau dan rasa tajam pada jahe, terdaftar pada data USDA sebagai phytochemicals yang berkemampuan mencegah mual dan muntah,” ujar Dr. Moulavi.
Kentang manis dan Pankreas
7. Kentang manis = Pankreas




Kentang manis yang berbentuk persegi panjang sangat mirip pankreas. Dan ternyata, kentang ini juga baik untuk fungsi organ pankreas.

“Kentang manis mengandung kadar beta-carotene yang tinggi. Beta-karotene adalah antioksidan potensial yang melindungi semua jaringan tubuh, termasuk pankreas, dari kerusakan oleh kanker dan penuaan,” kata Somer. (Erabaru/wid)


sumber : http://erabaru.net/kesehatan/34-kesehatan/16946-makanan-yang-mirip-organ-tubuh-dan-baik-untuknya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar